Vervalpd – Cara Verifikasi dan Validasi Peserta Didik di Dapodik

Verifikasi dan validasi Peserta didik atau yang sering kita kenal dengan sebutan VervalPD atau Verval PD ini merupakan suatu istilah yang umum terutama para operator sekolah yang sering menangani Dapodik.

Jadi melalui Aplikasi Vervalpd, operator sekolahan ini mampu mengubah data dari para siswanya secara online dan resmi, hal ini dikarenakan operator sekarang sudah tidak bisa update data melalui Dapodik lagi.

Cara menggunakan verval PD atau Vervalpd operator dapodik

Apa itu Aplikasi Verval PD?

Vervalpd adalah aplikasi online yang disediakan dari PDSPK atau kementerian pendidikan dan juga kebudayaan yang ditunjukan untuk tiap sekolah mulai dari tingkatan sekolah dan juga Madrasah agar bisa melakukan perubahan data dan mengupdate data siswa secara langsung.

Aplikasi yang berada di bawah naungan Kemdikbud ini telah berjalan kurang lebih sudah 6 tahun sejak kelahirannya pada tahun 2015 silam.

Perlunya VervalPD

Apakah wajib melakukan Verval PD? Wajib tidaknya tindakan ini dilakukan tergantung dari si operator itu sendiri. Akan tetapi jika tidak, ada saja kendala  data dari peserta didik yang tidak sinkron dengan akta kelahiran yang pada saat pertama kali di input di dapodik bisa berakibat fatal.

Kesalahan semacam ini biasanya terjadi saat kelas 1 TK yang datanya sudah dimasukan lewat bantuan dapodik kini saat menjelang 1 SD ternyata ada data yang salah dan tidak sesuai hingga pada akhirnya data di Ijazah nanti tidak sesuai.

Itu baru kelas 1 TK, apalagi jika sudah mulai memasuki ke jenjang yang lebih tinggi seperti saat menginput data di Dapodikdasmen dan juga output data saat ingin pembuatan Ijazah.

Tentunya kesalahan-kesalahan seperti itu yang bertanggung jawab adalah si operator dapodik itu sendiri yang dimana dalam prosesnya perlu adanya pembenahan dan pengeditan ulang supaya data di dapodik sama dengan di Aplikasi Verval PD.

Apk Vervalpd telah banyak mengalami perubahan subdomain tiap tahunnya. Akan tetapi buat kamu yang ingin tau link Vervalpd yang asli, kamu perlu simak daftarnya dibawah ini.

  • Link lama = https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/
  • Link baru 2021 = https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id

Cara login VervalPD

Buat kamu yang ingin login di Aplikasi Verifikasi dan Validasi peserta didik baru, silahkan untuk login dengan cara sebagai berikut.

  • Pertama kamu buka alamat resmi http://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id
  • Kemudian secara otomatis kamu akan diarahkan ke situs SSO Kemdikbud dengan link https://sso.data.kemdikbud.go.id/.
  • Selanjutnya, Operator akan dimintain Username dan Password supaya bisa login.

Note: Login menggunakan Username dan Password seperti di Dapodik

2 Cara Mengatasi gagal Login Vervalpd

Apabila ada kegagalan dalam melakukan Sign in, kamu bisa gunakan 2 cara berikut ini.

Gunakan password dapodik lama

Masih ingatkah password dan username dari Dapodik lama? Jika tidak ingat, coba untuk gunakan fitur lupa password dengan memasukan email sebagai bahan verifikasi yang nantinya saat melakukan Reset password ini bisa dipakai untuk masuk ke Aplikasi Vervalpd kemenag.

Registrasi ulang

Apabila kamu lupa email saat pertama kali mendaftar di Dapodik, kamu bisa registrasi ulang dan tentu sebagai operator dapodik melalui tautan http://sdm.data.kemdikbud.go.id/

Baca juga: Hack Java VIP Apk free fire

Menu-menu di vervalPD

Perlu diketahui bahwa sekarang ini aplikasi dari Kemdikbud sebagai ganti dapodik ini telah mengalami banyak perubahan terutama dari segi tampilan menu-menunya.

Nah, buat kamu yang kebetulan saat ini berperan sebagai operator sekolahan kini bisa kenali dulu beberapa menu terbaru 2021 dari Verval PD.

Menu: Peserta Didik

Di menu inilah kamu bisa menemukan data dari peserta didik yang sebelumnya telah terdaftar dan masuk di aplikasi dapodik.

Fungi menu peserta didik yang paling umum dipakai banyak operator adalah untuk mengunduh data dari siswa dalam bentuk xls atau file Microsoft office Excel.

Cara unduh data siswa dapodik lewat Vervalpd

Untuk tata cara pengundurannya sendiri kalian bisa masuk ke menu peserta didik.
Jika sudah, langsung saja tekan tombol dengan logo Excel.
Secara otomatis akan muncul option peserta didik.

Menu: Residu

Mungkin kalian masih sangat asing dengan kata Residu. Ya, Residu menurut KBBI atau kamus besar bahasa Indonesia berarti “yang tersisa” dimana pada kali ini artinya adalah data yang tertinggal.

Biasanya, data yang tertinggal ini merupakan data-data para siswa yang bermasalah seperti NIK yang sudah dipakai oleh orang lain, Nomor induk siswa Nasional (NISN) Kosong, dan juga NISN yang lebih banyak dari 1 orang.

Menu: Pengelolaan

Pada menu ini operator bisa melakukan tugas utamanya yaitu mengupdate data siswa sesuai yang tertera di dapodik.

Menu: Edit NISN

Nomor induk siswa Nasional sebagai acuan utama di negara +62 ini berbeda antar 1 siswa dengan yang lainnya dan tidak boleh sama.

Di menu inilah operator bisa ajukan perubahan NISN dan bisa juga Klaim baru. Tentu dengan catatan NISN sebelumnya belum terpakai oleh siswa manapun.

Menu: Edit Identitas

Selain menu pengelola, operator juga bisa ubah NIK, ubah Nama Siswa, jenis kelamin, nama Ibu serta tempat dan tanggal lahir asal dari siswa.

Selain itu untuk menguatkan bukti jika benar data tersebut, perubahan ini perlu Scan akta kelahiran. Lebih baik lagi apabila akta yang digunakan merupakan akta asli yang di buat dan disetujui oleh dinas kependudukan dan catatan sipil (Disduk).

Apabila Nik tidak ada, acuan bisa berubah ke Kartu keluarga dan kamu bisa ikut sertakan dokumen KK untuk minta NIK.

Cara mengedit Identitas peserta didik

Syarat utama yang harus terpenuhi untuk edit identitas ialah harus siapkan dulu File scan yang dalam hal ini berformat jpeg serta ukurannya maksimal 1MB.

Jika sudah, silahkan ikuti panduannya berikut ini.

  • Pertama kamu klik menu edit identitas.
  • Selanjutnya langsung tekan daftar siswa lalu pada menu pencarian, ketikan nama siswa yang mau di Edit.
  • Jika sudah diedit, kalian tekan tombol Validasi data.
  • Setelah proses validasi sukses, maka akan muncul kolom untuk masukan dokumen dengan Format Jpeg tadi.
  • Silahkan untuk Tekan “Browse” lalu pilih file pendukung berupa scan KK dan Akte tadi.
  • Jika sudah ketemu, kamu klik Update Data.

Cara menggunakan secreto untuk kirim pesan secara rahasia, ketahui penggemarmu disini

Cara mengetahui keterima atau tidak edit data verval PD

Untuk mengetahui apakah data perubahan siswa yang kamu ajukan ditolak atau diterima, silahkan untuk lihat tabel pengajuan editing Identitas.

Apabila status Centang yang awalnya merah berubah jadi warna hijau, itu artinya perubahan telah disetujui.

Cek Validasi perubahan edit Siswa

  • Untuk mengecek secara langsung apakah data telah berubah, kamu bisa masuk ke alamat atau tautan https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id.
  • Selanjutnya kamu langsung login pakai akun dapodik.
  • Apabila si data sudah sama antara dapodik dan verval PD, operator bisa langsung sinkronisasi supaya datanya bisa ditarik.
  • Jika berhasil, maka data pada database terpusat Vervalpd akan sama dengan data yang diubah sebelumnya.

Penutup

Demikian cara melakukan validasi dan verifikasi menggunakan Verval PD yang bisa kami sampaikan, selain siswa baru artikel ini juga bisa dipakai untuk para lulusan yang masih terikat dengan sekolah masing-masing. Terima kasih dan semoga bermanfaat.